Selasa, 05 April 2011

Sayuran Hijau Turunkan Risiko Diabetes

TEMPO Interaktif, LEICESTER - Sayuran hijau dipercaya memiliki fungsi yang baik buat tubuh. Selain mengandung serat, kandungan vitamin C pada sayuran juga bisa berfungsi sebagai antioksidan. Jika masih kurang guna memakan sayuran hijau, alasan baru kini sudah ada lagi; menurunkan risiko diabetes tipe 2.
photo : starag.com.my

Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan di British Medical Journal edisi online pada 19 Agustus menunjukkan, makan lebih banyak sayuran hijau, secara signifikan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah diabetes yang disebabkan konsumsi gula berlebih. Diabetes jenis ini paling banyak diderita dibanding tiga jenis diabetes lainnya.

Penelitian yang dipimpin oleh Carter Patrice ahli gizi di Universitas Leicester di Inggris ini menganalisis enam penelitian lain yang fokus pada hubungan antara diet dan diabetes tipe 2. Mereka menemukan pemakan sayuran hijau yang lebih banyak (1,35 porsi per hari) memiliki 14 persen pengurangan risiko diabetes tipe 2 dibanding dengan mereka yang makan paling sedikit makan sayuran hijau (0,2 porsi per hari). Walaupun begitu, dalam analisis penulis menyimpulkan peningkatan asupan harian sayuran hijau dan dampaknya harus diselidiki lebih lanjut. Selain itu, analisis tersebut tidak menunjukkan peningkatan asupan buah, sayuran, atau kombinasi keduanya akan membuat perbedaan yang signifikan dalam risiko.

Peneliti diabetes dan profesor departemen gizi manusia di Universitas Otago di Selandia Baru Jim Mann, yang ikut menulis komentar atas analisis, mengatakan temuan itu tidak mengubah pesan umum dari kalangan medis bahwa orang harus makan banyak buah-buahan dan sayuran.

Menuut dia, penelitian ini mengingatkan pentingnya faktor makanan adalah untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. ”Ini lebih baik daripada untuk perawatan dengan obat," kata Mann.

nur rochmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar