Kamis, 31 Maret 2011

Lima Ciri Pria Sehat


TEMPO Interaktif, Jakarta - Para pria umumnya tidak punya banyak waktu untuk memperhatikan diri sendiri. Namun, sebagian laki-laki sangat peduli. Bahkan mereka merasa dihantui telah terserang atau sedang mengidap penyakit.
Net
Untuk kedua tipe ini, Anda, para pria, tidak perlu khawatir. Situs khusus pria, askmen.com, membantu Anda mengetahui apa yang saat ini sedang terjadi di tubuh Anda. Entah itu sakit, atau sehat-sehat saja. Ada lima ciri yang perlu diperhatikan para pria. Kala menemukan perubahan yang aneh pada kelima ciri ini, segera hubungi dokter.

1.Kuku-kuku tangan Anda berwarna merah muda.
Kuku jari dapat mengungkap sakit apa saja yang sedang diderita seseorang. Umumnya, kuku seseorang yang sehat berwarna merah muda, segar, dan halus. Walau demikian, umumnya permukaan kuku pria ada juga yang beriak. Bila ketiga tanda itu mulai berubah, itu pertanda Anda sedang sakit.
Garis kuning, yang terlihat mulai menyebar pada kuku, menandakan Anda terkena penyakit pernapasan dan radang tenggorokan. Lekuk yang melintangi kuku, atau biasa disebut garis Beau, menandakan Anda mengidap diabetes. Jika ada bagian kuku yang menonjol seperti kurva berbentuk sendok, Anda mungkin kekurangan zat besi.

2.Air seni Anda kuning pucat
Bila Anda sebelumnya tidak peduli terhadap warna air seni sendiri, sebaiknya kebiasaan itu perlu diubah. Warna air seni penting diketahui karena menunjukkan kesehatan Anda. Saat ini urin Anda kuning pucat? Berarti Anda sehat-sehat saja. Urin yang normal biasanya memang kuning, tergantung minuman Anda.
Tetapi Anda mesti waspada saat air seni berubah warna menjadi lebih gelap kecokelatan. Berarti Anda sedang mengalami dehidrasi. Bila tidak terlalu pesing, berubah kemerahan, dan perubahan warna lain yang menurut Anda tidak berhubungan dengan apa yang Anda makan dan minum, berarti ada yang tidak beres dengan tubuh Anda.

3. Mengeluarkan jumlah sperma yang normal
Pria paruh baya normalnya mengeluarkan 2 hingga 5 mililiter sperma. Bila Anda lebih muda dan sperma Anda sedikit, lebih sedikit 2 mililiter dari pria paruh baya, pertanda Anda menderita Hypospermia, sebuah penyakit yang berpengaruh pada kesuburan seorang pria.
Selain jumlah, warna sperma juga menunjukkan kondisi kesehatan seorang pria. Seorang pria yang sehat, spermanya akan berwarna putih atau abu-abu, dan lengket. Sperma yang keluar disertai dengan darah, menandakan sebuah gejala serius yang memaksa Anda untuk memeriksanya ke dokter.

4.Detak jantung Anda sebanyak 70 kali per menit.
Detak jantung meupakan indikator yang paling baik untuk memberi sinyal kondisi tubuh Anda. Meski detak jantung tergantung usia Anda, untuk pria yang sehat, bila jantung berdenyut 70-75 kali adalah hal yang wajar. Atau bila rata-ratakan, 60-100 denyutan per menit untuk orang dewasa.
Jumlah di luar ini, menunjukkan Anda dalam keadaan tidak sehat. Sering-seringlah memeriksa detak jantung Anda. Caranya mudah, cukup tekan nadi Anda, dan gunakan jam sebagai pengukur waktu. Cukup sampai 15 detik, dan kalikan empat jumlah denyutan itu.

5.Kulit elastis
Elastisitas kulit umumnya digunakan untuk melihat tingkat dehidrasi Anda. Bila Anda sedang menderita diare, atau muntah-muntah, berarti Anda akan kehilangan cairan. Kekurangan cairan ini bisa dilihat dari elastisitas kulit, meski tak bisa dilihat secara langsung.
Cara memeriksa elastisitas kulit Anda, cubit perlahan kulit di bagian belakang lengan Anda. Kulit yang menunjukkan dehidrasi akan lama kembali ke posisi normal. Untuk kulit sehat, akan segera membentuk lengan Anda. Selamat Mencoba.

Foxnews.com/Mustafa Silalahi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar